Penderita Kanker Serviks dan Kanker Payudara Salah Satu Penyebab Kematian Tertinggi di Indonesia Termasuk di Kalsel

indonesiasatu, 29 Nov 2017,
Share w.App T.Me

BANJARBARU – Penderita kanker serviks dan kanker payudara yang kini menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia termasuk di Kalsel. Untuk itu program penyadaran kepada masyarakat untuk berperilaku hidup sehat harus selalu di sosialisasikan. 

Atas dasar itu Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Raudatul Jannah Sahbirin Noor di Banjarbaru, Senin (27/11/2017) sepakat harus ada kampanye pencegahan kanker serviks dan payudara, yang dilakukan secara terus menerus, sehingga semakin membuka wawasan kaum perempuan akan bahaya penyakit tersebut.

"Kami instruksikan semua anggota PKK seluruh kabupaten dan kota di Kalsel, untuk mengkampanyekan pencegahan tersebut, hingga pelosok desa," katanya kepada jounalist indonesiasatu.com di ruang kerjanya.

Ibu Gubernur Kalsel ini meminta, pencegahan terhadap kanker serviks atau kanker leher rahim pada perempuan harus terus kita gaungkan.

"Masih banyak masyarakat yang belum mengenal tentang kanker serviks serta upaya pencegahan," katanya. .

Menurut dia, pencegahan kanker serviks harus dimulai di lingkungan keluarga selain itu, bagi masyarakat atau kaum perempuan bisa mendatangi puskesmas atau tempat pelayanan kesehatan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan dini.

"Petugas medis setempat pasti akan melayani karena upaya pencegahan merupakan program pemerintah yang kini menjadi fokus untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat utama perempuan.

"Jangan malu untuk memeriksakan diri ke puskesmas atau kegiatan pelayanan deteksi inspeksi visual. Mencegah lebih baik dari mengobati. Bila sudah terserang maka akan berdampak bagi kesehatan termasuk biaya yang juga besar untuk mengobati," katanya. ( Nicko farizki)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu