Pramuka Kwartir Ranting Kusan Hulu Mantewe Tanah Bumbu Bersama Arutmin Indonesia Laksanakan Karang Pamitran Ranting (KPR) dan Reboisasi

INDONESIASATU.CO.ID:

TANAH BUMBU - Pramuka Kwartir Ranting Kusan Hulu, Kecamatan Mantewe laksanakan kegiatan  Karang Pamitran Ranting (KPR) sekaligus kegiatan reboisasi bersama PT Arutmin Indonesia, 9 Desember - 10 Desember 2017.

Kegiatan perkemahan dilakukan 9 Desember 2017 di area bekas lokasi tambang PT Arutmin Indonesia, sementara itu kegiatan reboisasi dilakukan minggu 10 Desember 2017 di area reklamasi bekas lokasi  Tambang PT Arutmin Indonesia Tambang Batulicin.

Acara dilaksanakan mulai 9.30 Wita, diawali dengan menyanyikan lagu indonesia raya kemudian sambutan dari ketua Panitia (Rohim Wagio), sambutan kepala Desa Mangkalapi (Siswan),  sambutan perwakilan Kwarcab Kabupaten Tanah Bumbu (Irfanie) serta sambutan dari Pimpinan PT Arutmin Indonesia Tambang Batulicin yang diwakili oleh Irfan Nurhidayat,  SKM

Acara yang diikuti sekitar 91 peserta dan 15 tamu undangan ini dilanjutkan dengan kampanye keselamatan dan kesehatan kerja oleh perwakilan tim SHE AI, Yuliyanto.

"Memasuki area PKP2B diharuskan untuk melakukan induksi keselamatan termasuk diinformasikannya bahaya di sekitar Void (Danau Bekas Tambang)  supaya kita bisa berhati hati," Jelas Yulianto.

Setelah kampanye, dilanjutkan dengan serah terima tanaman lokal dan buah-buahan sebanyak 300 bibit yg akan ditanam bersama. Diawali penanaman simbolis oleh PT Arutmin Indonesia,  Kepala Desa MKP,  Kwarcab Tanbu,  Kwaran Kecamatan Kusan Hulu serta perwakilan panitia pelaksana, dan kemudian dilanjutkan oleh semua peserta untuk menana bibit pada lubang tanam yang sudah disiapkan oleh Arutmin

"Sebetulnya kegiatan reklamasi sudah dimulai sejak tahun 2007 sampai sekarang kurang lebih sudah ratusan hektar ditanam kembali, sementara kegiatan hari ini adalah termasuk kegiatan penyisipan tanaman lokal dan buah-buahan. Jadi kegiatan ini menjadi sejarah pertama bersama Gerakan pramuka melakukan penanaman bersama. Semoga bisa bermanfaat bagi kita dan lingkungan," ujar Irfan Nurhidayat. (Ismail/Red)

  • Whatsapp

Index Berita